Cegah Osteoporosis dengan Manfaat Daun Katuk

Diposting pada

EKSYAM.COM –¬†Daun katuk adalah salah satu tanaman yang sudah sangat terkenal dengan berbagai macam khasiatnya yang sangat bagus untuk ibu hamil. Padahal ternyata daun katuk tidak hanya bisa dikonsumsi dan digunakan oleh ibu hamil dan menyusui saja. Karena manfaat daun katuk yang sangat banyak dan ditambah dengan berbagai macam kandungannya yang sangat banyak, tidak heran jika ternyata daun katuk juga sangat bagus sekali untuk kesehatan. Daun katuk memiliki nama latin yang mungkin belum banyak orang tahu yakni Sauropus adrogynus yang juga termasuk dalam family Euphorbiaceae.

Manfaat Daun Katuk
Source : Haibunda.com

Daun katuk memang memiliki manfaat yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia yakni bisa digunakan untuk memperlancar ASI bagi ibu hamil dan yang sedang menyusui. Di Indonesia sendiri, tanaman ini biasanya memang banyak sekali di temukan di wilayah dataran tinggi dengan bentuk daunnya yang perdu dan biasanya untuk pohonnya memiliki ukuran kurang lebih tiga meter dan memiliki banyak cabang yang cukup lunak. Untuk itu, selain bisa dimanfaatkan untuk memperlancar ASI daun katuk juga bisa digunakan untuk kesehatan tubuh karena kandungan ragam nutrisi yang ternyata sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.

Ternyata setelah dilakukan beberapa penelitian oleh ahli, menyebutkan bahwa daun katuk ternyata memiliki beberapa kandungan seperti vitamin A, B, C dan beberapa jenis kandungan lain seperti lemak, kalsium dan fosfor. Dan ternyata daun katuk juga memiliki kandungan efedrin yang ternyata sangat cocok untuk menyembuhkan dan mengobati influenza. Untuk informasi lebih jelasnya tentang manfaat daun katuk yang sangat bagus untuk kesehatan, berikut ini beberapa penjelasannya:

1. Mencegah osteoporosis

Manfaat yang pertama adalah bahwa ternyata daun katuk juga bisa digunakan sebagai salah satu tanaman yang bisa mencegah osteoporosis. Hal ini karena daun katuk memiliki kandungan senyawa isoflavonoid yang memiliki fungsi untuk membantu dalam memperlambat fungsi dan berkurangnya masa tulang atau yang dalam dunia kesehatan sering dikenal dengan istilah osteoporosis.

Baca Juga  Manfaat Lemon Untuk Kulit Tubuh

2. Menurunkan berat badan

Selain bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis ternyata daun katuk juga bisa digunakan untuk menurunkan masalah berat badan. Dari beberapa penelitian kesehatan yang telah berhasil dilakukan menyebutkan bahwa daun katuk memiliki kandungan flavonoid yang ternyata juga mampu digunakan untuk mencegah peningkatan berat badan. Tetapi untuk hal ini memang masih dalam penelitian yang lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.



3. Menurunkan kolesterol

Di atas sudah banyak disinggung bahwa memang daun katuk juga memiliki manfaat yang dipercaya bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Untuk itu, bagi Anda yang kebetulan memiliki masalah yang cukup serius dengan kolesterol dalam darah Anda, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan obat alami yakni mengkonsumsi daun katuk.

Di atas adalah beberapa penjabaran tentang manfaat daun katuk yang sangat bagus untuk kesehatan. Meskipun di Indonesia terkenal dengan tanaman yang bisa digunakan untuk memperlancar ASI, namun pada kenyataannya tanaman ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam kondisi kesehatan dan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Untuk itu, apabila Anda kesusahan untuk mendapatkan daun katuk asli, Anda bisa mencoba obat herbal dari daun katuk yang bisa Anda dapatkan di Herbana. Merupakan salah satu produsen toko obat herbal dengan berbagai macam jenis obat-obatan yang terbuat dari bahan alami. Untuk mendapatkannya cukup mudah, Anda bisa membelinya secara online di toko resmi mereka pada platform jual beli online.