Whois

Diposting pada

Whois adalah suatu prosedur untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah domain. Informasi yang bisa di dapat meliputi siapa pemilik Domain, dimana alamatnya, no telepon, alamat email, kapan domain ini di daftarkan dan kapan domain ini akan expired. Silahkan cek Whois Domain di Tools berikut

Whois juga dapat diartikan sebagai fasilitas yang di gunakan untuk melihat registrasi sebuah domain yang sudah terdaftar. Fasilitas ini dapat di jumpai di beberapa perusahaan hosting ataupun mereka yang memberikan layanan ini secara khusus dan tentu saja gratis (contoh: whois.sc, whois.net dll)

Apa saja yang terdapat dalam whois?

Apabila kita melakukan whois sebuah domain maka kita akan melihat 4 hal yang biasanya ada dalam whois tersebut :

1. Administrative Contact

Administrative Contact adalah pihak pemilik domain yang memiliki hak tersebut sampai dengan batas waktu (expires date) yang telah tertera. mereka yang tertera di walah point ini memiliki otorisas untuk melakukan update terhadap domain tersebut seperti renew, transfer dll).


2. Technical Contact

Technical Contact adalah pihak yang di delegasikan oleh pemilik domain untuk mengelola teknis nama server dari sebuah nama domain. Biasanya domain-domain yang di registrasikan sekaligus memesan hosting di eksyam.com akan tertera Technical Contact domain tersebut adalah dari pihak eksyam.com (juga beberapa perusahaan lain)

3.Billing Contact

Billing Contact adalah pihak yang melakukan pembayaran, ataupun menerima tagihan dari domain yang di registrasikan tersebut.

4. Name Server

Name Server adalah nama server dimana domain tersebut di tujukan (ns1 dan ns2)

Dalam banyak kasus, poin 1,2,3 cukup di isi oleh 1 nama. meski tidak menutup kemungkinan masing2 di delegasikan pada pihak-pihak lain.

Nah selain ke 4 hal tersebut kita juga bisa mengetahui status Domain tersebut. Ada beberapa status dalam domain anda :

1. ACTIVE

Domain dalam posisi aktif dan bisa di lakukan segala perubahan oleh pemilik domain tersebut contohnya transfer, push dll.

2. REGISTRAR-LOCK

Domain dalam posisi aktif akan tetapi oleh pemilik domain tersebut dengan alasan keamanan di lakukan penguncian sehingga tidak dapat di lakukan perubahan kepemilikan domain tersebut.

3. REGISTRAR-HOLD

Domain akan di hapus dan akan bisa di daftarkan kembali dalam waktu 37 – 82 hari kedepan. tidak semua status REGISTRAR-HOLD akan di hapus karena masih memungkinkan pemilik lama untuk memperpanjang domain mereka.



4. REDEMPTIONPERIOD

Domain akan di hapus dan akan bisa di daftarkan kembali dalam waktu 31 hari kedepan.

5. PENDINGDELETE

Domain akan di hapus dan akan bisa di daftarkan kembali dalam waktu 6 hari kedepan.

6. REGISTRY-LOCK

Domain dalam posisi aktif akan tetapi oleh pihak registrar dengan alasan keamanan di lakukan penguncian sehingga tidak dapat di lakukan perubahan kepemilikan domain tersebut (biasa di lock oleh pihak registry karena alasan Fraud dll)

7. PENDING-RESTORE

Domain akan kembali dalam posisi aktif setelah di perpanjang oleh pemilik sebelumnya.