Obat Maag Alami Untuk Gangguan Lambung

Diposting pada

EKSYAM.COM – Gangguan lambung merupakan masalah pencernaan yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun, terutama bisa terjadi bila aktivitas harian Anda padat hingga membuat jadwal makan berantakan. Hal ini memicu reaksi tidak menyenangkan yang juga sering membuat Anda merasa perut perih. Pasti tidak ada yang suka kala mengalaminya.

Selain jadwal makan yang berantakan, penyebab masalah lambung seperti maag yaitu makanan pedas, berlemak, atau bersifat asam. Gangguan lambung seperti sakit maag pun dapat dipicu oleh stres.

Obat Maag Alami Untuk Gangguan Lambung
Ilustrasi Sakit Maag

Menurut ahli gizi Anshul Jaibharat dari New Delhi seperti dilansir Food NDTV, asam lambung dapat disebabkan karena jarak waktu makan yang lama, perut kosong, atau asupan teh, kopi, merokok, atau alkohol yang berlebihan.

Asam lambung cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya, kita sering menggunakan berbagai pengobatan. Guna membantu meredakan gejala tersebut, Nah Anda juga bisa mencoba sejumlah obat maag alami dan gangguan lambung di bawah ini.

1. Jahe merah

Bumbu rempah yang satu ini memiliki sifat anti peradangan yang bermanfaat untuk pasien masalah lambung dan dapat meredakan rasa mual. Di lain sisi, jahe merah juga bisa disebut sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif. Artinya, rempah yang bisa dijadikan teh ini bekerja dengan menekan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), yaitu penyebab asam lambung naik.

H. pylori merupakan bakteri yang hidup pada lingkungan yang asam. Bila jumlahnya berlipat ganda dan tidak terkendali, gejala maag bisa muncul. Hal ini dikarenakan infeksi pada dinding lambung terjadi.


Dengan bantuan jahe merah, jumlah bakteri dapat dikurangi, sehingga gejala gangguan lambung atau maag pun dapat diredakan.

Baca Juga  Cara Pindah File dari Server ke Server di PHP

2. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan polifenol di dalamnya, yang mana memiliki sifat anti-peradangan yang membantu meredakan asam lambung.

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Sciences, kunyit disebut dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan lambung atau disebut juga penyakit GERD.

Penelitian ini menunjukkan bahwa gejala gangguan lambung dapat diredakan dengan obat yang mengandung antioksidan dan anti peradangan. Kedua sifat tersebut bisa dijumpai dalam kurkumin yang terkandung pada kunyit.

3. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk tanaman yang mudah dijumpai di daerah beriklim tropis. Tanaman ini telah sering dipakai sebagai pengobatan tradisional, baik secara topikal maupun oral. Kandungan gel pada lidah buaya dipercaya memiliki senyawa anti peradangan, vitamin, mineral, dan asam amino. Itu sebabnya, beberapa orang percaya bahwa lidah buaya mempunyai efek yang menenangkan untuk pasien masalah lambung.

Penelitian dari Journal of traditional Chinese Medicine melaporkan bahwa jus lidah buaya tanpa pewarna dan pemanis termasuk obat herbal maag yang aman. Jus ini secara efektif membantu mengurangi gejala heartburn dengan mengurangi produksi asam.

4. Madu

Dunia pengobatan tradisional sudah sejak lama memanfaatkan madu untuk berbagai masalah kesehatan. Pemanis alami ini bisa membantu mengatasi masalah lambung, seperti mencegah kenaikan asam lambung dan meredakan sensasi heartburn.

Madu termasuk bahan alami yang memiliki sifat antioksidan, sehingga tidak mengejutkan bila pemanis ini dapat membantu masalah lambung. Ada sejumlah cara yang dilakukan obat alami ini untuk mengatasi gangguan lambung seperti maag, yakni:

Tekstur madu bantu melapisi dinding esofagus (kerongkongan) dan lambung, memperbaiki fungsi cincin esofagus, sertamembantu mengurangi peradangan pada esofagus.

5. Akar Manis

Baca Juga  CodeIgniter HMVC, Penjelasan dan Contoh Penerapannya di Codeigniter 3.1.9

Akar manis (licorice) disebut sebagai obat herbal yang dapat membantu gangguan lambung secara alami. Bagaimana bisa?

Begini, akar manis diklaim dapat menguatkan otak dan bersifat analgesik. Sejumlah penelitian juga melaporkan bahwa akar manis dapat meningkatkan sekresi lambung dan menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Anda bisa mengonsumsi obat herbal atau alami yang mengandung licorice untuk meredakan gejala sakit maag dan radang lambung. Tidak hanya itu, rempah yang satu ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakan akar manis sebagai obat tradisional untuk sakit maag. Pasalnya, tubuh setiap orang mungkin akan bereaksi berbeda-beda ketika memakai obat herbal.

6. Daun Kemangi

Selain digunakan sebagai bahan herbal dalam masakan di seluruh dunia, daun kemangi ternyata juga bisa dipakai sebagai obat alami masalah lambung, seperti maag.




Daun kemangi memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-peradangan. Artinya, obat herbal maag ini bisa digunakan untuk meredakan kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung.

Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi teh atau memasukkannya ke dalam masakan. Namun, Anda perlu menambahkan daun ini secara perlahan karena mengonsumsi terlalu banyak bisa memicu sakit perut.

7. Daun Mint

Daun mint sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan. Hingga kini, obat alami dengan kandungan daun mint juga bisa digunakan untuk meredakan gejala gangguan lambung, seperti sakit maag, perut kembung, atau mual.

Daun mint dapat membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung. Cara kerjanya adalah dengan mendorong keluar gas pada lambung. Namun, pemakaian daun mint tidak direkomendasikan untuk pasien GERD.

Baca Juga  Cara Instal Balsamiq Mockup di Linux Mint

Anda bisa mengonsumsi obat herbal yang mampu tuntaskan gejala gangguan pencernaan terutama yang berhubungan dengan organ lambung dengan tujuh kandungan di atas.

Dengan demikian, Anda bisa segera menuntaskan gejala yang mengganggu dan bisa kembali berkegiatan seperti semula.

Itulah beberapa rekomendasi obat maag alami yang bisa Anda temukan didapur, namun tidak menutup kemungkinan jika sakit berlanjut segera hubungi Dokter. Ketika beberapa obat alami telah kita coba dan hasilnya nihil bisa kita konsultasikan ke dokter, atau dengan menggunakan aplikasi Halodoc yang memang sangat membantu menangani masalah kesehatan.