PHP Header Authorization Tidak Berfungsi

EKSYAM.COM – PHP Header Authorization Tidak Berfungsi. Header Authorization berisi kredensial untuk mengautentikasi user agent dengan server (proxy). Di sini, type Authorization diperlukan dan diikuti oleh kredensial, yang dapat dikodekan atau dienkripsi tergantung pada skema otentikasi (Basic, Bearer, Digest, HOBA, Mutual, AWS4-HMAC-SHA256, Dll) yang digunakan.

PHP Header Authorization Tidak Berfungsi
PHP Header Authorization

Struktur Authorization:

Contoh Authorization :

Cara memangil Authorization di server seperti berikut:

Dibeberapa server terdapat kasus bahwa fungsi  apache_request_headers()  tidak dapat berjalan sehingga PHP Header Authorization tidak berfungsi, muncul pesan sebagai berikut:

Fungsi dengan awalan apache_  memang hanya tersedia jika PHP berjalan dalam modus modul (mod_php4/mod_php5). Di server shared hosting Linux kebanyakan PHP berjalan sebagai CGI/FastCGI, untuk faktor keamanan/pemisahan antar pemakai.

Sebagai solusinya jika PHP Header Authorization tidak berfungsi Anda dapat menggunakan script berikut:

Tambahkan script dibawah ini di

Baca Juga  Cara Pindah / Ganti Versi PHP di Linux Mint
.htaccess

Jika sudah silahkan jalankan script diatas dengan mengirimkan kredensial di Header Authorization dari sisi client, saya mencobanya menggunakan postman (cara instal aplikasi postman). Berikut berhasil menampilkan kredensial Authorization-nya, tinggal Anda mengelola sesuai dengan kebutuhan.

PHP Header Authorization Tidak Berfungsi
Postman kirim kredensial di Header Authorization

Sampai tahap ini jika Anda juga berhasil berarti masalah PHP Header Authorization tidak berfungsi sudah beres. Berikut sebagai tambahan saya buatkan function getAuthorizationHeader()  untuk menampilkan kredensial Authorization:

Demikianlah tutorial cara mengatasi PHP Header Authorization Tidak Berfungsi, semoga bermanfaat.

Baca Juga  Panduan Praktis Tipe Data JSON di MySQL Dengan Contoh