Review Buku Tujuh Keajaiban Rezeki Karya Ippho Susanto

Diposting pada

7 keajaiaban rejeki

Sebenarnya review tentang  buku “Tujuh Keajaiban Rezeki” ini sudah banyak di internet, dan saya juga melakukan review ini berdasarkan tugas mata kuliah kewirausahaan, dimana tujuannya agar mahasiswa yang di ampu oleh dosen bersangkutan membaca buku ini dan mempunyai semangat untuk memulai bisnis.

Buku motivasi ini berisi 7 jurus ampuh sukses dunia akhirat. dengan mengikuti semua step by step yang ada di buku ini, kita bisa merasakan perubahan yang lumayan berarti dan semoga menambah keimanan kita akan Keesaan dan Kekuatan Allah. Ippho juga menuliskan setiap kata-kata motivasinya dengan gaya seolah-olah dia ada di samping kita mengatakan itu semua dengan semangat berapi-api. Terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian lingkar diri, lingkar keluarga, dan lingkar sesama. Lingkaran ini membantu kita memetakan isi dari buku tersebut akan ditujukan ke mana. Dalam 7 Keajaiban Rezeki yang dibahas adalah 7 langkah-langkah ajaib untuk mempercepat datangnya rezeki. Kebetulan dengan pendekatan-pendekatan islami dan otak kanan. Katanya ketujuh langkah-langkah itu bisa disebut percepatan-percepatan, lompatan-lompatan, ataupun keajaiban-keajaiban. Ketujuh keajaiban tersebut yaitu:

1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)

            Pada bab ini, tidak akan ada bacaan apa-apa yang bisa kita resapi. Hanya ada lembaran kertas kosong tempat untuk kita menuliskan apa mimpi-mimpi kita dan bagaimana cara mencapainya. Karena menurut Ippho, setiap orang memiliki cara masing-masing dan berbeda-beda. Seperti halnya sidik jari kita yang tidak akan pernah sama dengan sidik jadi orang lain.


2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)

            Sepasang bidadari bukan berarti bidadari beneran. Ini adalah istilah yang Ippho gunakan untuk menggambarkan keistimewaan orangtua dan pasangan hidup kita. Di sini Ippho menjelaskan kaitan antara LoA (Law of Atraction) dan Doa. Sepasang bidadari sendiri adalah Doa Orang Tua dan Doa Pasangan. Ya itulah keajaiban. Dengan menyelaraskan impian kita dengan impian sepasang bidadari mudah-mudahan rezeki kita lebih cepat.

Baca Juga  Catatanku tentang Ayah yang Tak Pernah Keren

 3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)

            Ini menurut saya adalah dasar babnya. Ippho meminta kita untuk berpikir menggunakan otak kanan. kalau memang ini bab dasar/permulaan, kenapa dia ditaruh di urutan ketiga dalam bab buku ini? Nah, justru di sini letak kerennya. Kata Ippho, cuma tukang urut yang mesti ngurut. Para parkar otak kanan gak mengenal istilah ‘urutan’ dan ‘sistematis’. Alasannya? Ya karena kalau hidup kita terpaku pada yang namanya urutan, jika suatu waktu kita stuck di satu titik tertentu, kita akan susah move on, karena ya itu tadi, kita terlalu berpatokan pada urutan! Lebih baik spontan saja. Bagian ini sendiri menjelaskan pentingnya menggunakan otak kanan. Isinya kurang lebih sama dengan buku “13 Wasiat Terlarang – Dahsyat Dengan Otak Kanan”. Mudah-mudahan dengan menggunakan kekuatan otak kanan dan menjadi golongan kanan kita jadi lebih berani, berpikir benar, dan kreatif.

4. Simpul Pedagang (Lingkar Sesama)

            Di ajaran agama Islam, mengatakan 9 dari 10 pintu rejeki, itu pintu perdagangan. yah lebih kurang seperti itu. Artinya? Kita diminta berdagang, berbisnis. Bahkan Rasullullah SAW pun sudah berdagang sejak usia 12 tahun.

5. Perisai Langit (Lingkar Diri)

            Ini juga salah satu keajaiban. Di sini Ippho banyak mengulas tentang sedekah. Dahsyatnya sedekah. Bagaimana membeli setiap kesulitan kita dengan sedekah. Mudah-mudahan dengan bersedekah rezeki kita semakin lancar dan semua kesulitan kita bisa teratasi.

6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)

            Differensiasi telah menjadi 1 dari 7 keajaiban rezeki. Agar sukses, kita butuh sesuatu yang berbeda. Memang differensiasi itu minta ampun pentingnya. Mudah-mudahan setelah mengamalkan Pembeda Abadi ini kita benar-benar bisa mencapai kesuksesan.

Baca Juga  Sahur! Sahur! Project Pop 2012

7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)



            Pelangi ikhtiar berisi 7 sikap (bias) yang dimiliki setiap pemenang. Terdiri dari impian, tindakan, kecepatan, keyakinan, pembelajaran, Integritas, dan keikhlasan. Ini bagian favorite saya. 7 Bias Pelangi ikhtiar itu benar-benar menyadarkan kita apa yang harus dilakukan untuk mencapai impian kita. Mudah-mudahan mengamalkan prinsip-prinsip pelangi ikhtiar kita benar-benar bisa mencapi impian hidup kita.

dikutip dari beberapa sumber dan penambahan secukupnya.

www.bukupositif.com