Tips Memilih Laptop, Perhatikan 10 Hal ini Sebelum Membeli Laptop

EKSYAM.COMTips Memilih Laptop, Perhatikan 10 Hal ini Sebelum Membeli Laptop. Bagaimana cara memilih laptop dari ratusan bahkan ribuan laptop yang ada di pasaran? Inilah 10 tips memilih laptop sebelum Anda membeli laptop.

Tips Memilih Laptop Yang Tepat

1. Pilih Ukuran

Tidak ada laptop terbaik secara keseluruhan; semua sangat tergantung pada kebutuhan dan budget, dan ukuran akan memainkan peran besar dalam hal ini.

Laptop cenderung dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan ukuran diagonal layar dalam inci. Ini karena ukuran layar laptop juga menentukan ukuran keseluruhan kerangka (sasisnya). Laptop dengan layar 17 inci yang besar akan sangat bagus untuk bekerja atau bermain game, dan kemungkinan akan menampilkan keyboard berukuran layak untuk mengetik lebih mudah, tetapi akan jauh lebih besar dan lebih berat daripada model 13 inci.

Model 15 inci memberikan solusi yang layak antara kemudahan penggunaan dan portabilitas (kemudahan dibawa kemana-mana): selama beratnya sekitar 2kg atau kurang, mungkin tidak akan keberatan membawanya bepergian. Jika menginginkan Laptop yang super ringan, pilihlah laptop dengan tampilan 11-13 inci.

2. Resolusi Layar

Ukuran layar bukanlah segalanya, tapi resolusi juga harus diperhitungkan. Resolusi minimum yang biasanya ditemukan adalah 1.366 x 768 piksel. Ini bagus untuk tugas pekerjaan.

tips memilih laptop sebelum membeli screen resolution

Pada laptop dengan layar yang lebih kecil, resolusi yang lebih besar tidak selalu berarti lebih banyak ruang. Ketika laptop memiliki jumlah piksel yang lebih besar di area kecil, sistem operasi harus meningkatkan semuanya, atau teks dan ikon akan terlalu kecil untuk dilihat dengan jelas.

Tidak ada ruang yang lebih besar untuk aplikasi pada laptop 15 inci dengan layar 1.920 x 1.080 daripada model 15 inci dengan layar 1.366 x 768. Namun, resolusi yang lebih tinggi berarti teks dan ikon akan jauh lebih jelas, oleh karena itu akan lebih mudah dilihat.

Untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang sebenarnya dicari di layar, lebih baik datang ke toko dan mencoba-coba beberapa pilihan itu lebih baik. Itu akan menentukan jenis layar Laptop yang akan dipilih.

3. Faktor Bentuk

Sebagian besar laptop masih menawarkan desain tipe kerang (Laptop lipat), dengan layar yang terlipat ke keyboard dan touchpad. Ada beberapa yang melawan tren. Beberapa laptop mempertahankan bentuk lama tetapi menambahkan layar sentuh, yang bisa menyenangkan untuk tugas-tugas kreatif seperti menggambar atau membuat musik. Yang lain memiliki layar sentuh yang dapat dilipat ke belakang keyboard, mengubah laptop menjadi tablet — ini biasanya disebut 2-in-1.

Baca Juga  Cara Pindah File dari Server ke Server di PHP

Tablet spesialis ini bagus jika ingin menggunakan aplikasi spesifik yang memanfaatkan layar sentuh, seperti program desain atau musik, tetapi harganya jauh lebih mahal daripada laptop standar. Jika tidak 100% yakin dengan apa atau membutuhkan fleksibilitas ini, mungkin lebih baik menggunakan laptop biasa.

4. Keyboard

Karena kendala penempatan pada ukuran fisik laptop, keyboard laptop cenderung lebih bervariasi daripada model desktop. Sebagai contoh, ada ruang untuk keypad numerik hanya pada laptop yang lebih besar, dan kemudian hanya pada model tertentu.

Juga, banyak laptop memiliki tombol panah kecil, atau tombol backslash yang ada di sebelah kanan dan bukan di sebelah kiri tombol. Hanya beberapa laptop yang memiliki tombol Home, End dan Page Up dan Page Down; jika tidak ada kunci fisik untuk fungsi tersebut, maka harus menggunakan kombinasi tombol Function (Fn).

tips memilih laptop sebelum membeli keyboard

Kualitas keyboard laptop juga sangat bervariasi. Beberapa tidak nyaman untuk mengetik karena melentur saat mengetik. Jika tidak dapat mencoba papan ketik sendiri di toko, saran sebaiknya membaca review untuk melihat apakah ada masalah atau tidak . Lagi pula, akan banyak menggunakan keyboard selama menggunakan laptop.

5. Touchpad

Hal yang sama berlaku untuk touchpad laptop. Ini adalah salah satu cara terpenting di mana pengguna berinteraksi dengan laptop, jadi itu perlu bekerja dengan baik. Sayangnya, banyak touchpad laptop yang jelek. Ada tren untuk membuat tombol bagian dari touchpad utama, yang, jika diterapkan dengan buruk, dapat berarti kursor melompat ke semua tempat ketika melakukan klik.

Banyak bidang sentuh tidak merespons gerakan jari dengan akurat, atau memiliki tombol licin yang menyulitkan untuk menentukan apakah pengguna telah meng-klik atau belum. Sebagian besar papan sentuh modern mendukung gerakan, di mana dapat menggunakan dua jari untuk scrool atau pinch-to-zoom – tetapi, sekali lagi, betapa mudahnya gerakan ini digunakan sangat bervariasi di antara laptop.

Jika ingin membeli laptop dengan touchpad yang buruk, maka selalu siapkan untuk membawa mouse USB di tas kemanapun pergi ketika membawa Laptop.

6. Konektivitas

Laptop memiliki ruang terbatas, sehingga memiliki port yang jauh lebih sedikit daripada PC desktop. Untuk alasan ini, pikirkan dengan baik apa saja yang perlu dipasang. Beberapa laptop memiliki sedikitnya dua port USB. Jika Anda memiliki printer dan mouse yang dicolokkan dan ingin mengambil beberapa foto dari kamera, maka harus mencabut salah satu, kecuali jika laptop Anda memiliki SD card reader bawaan, seperti yang dilakukan banyak orang. Banyak laptop saat ini memiliki setidaknya satu port USB 3 untuk transfer data yang lebih cepat juga.

Baca Juga  Perbandingan SQL dan NoSQL

tips memilih laptop sebelum membeli asus zenbook pro ux501vw

Laptop yang lebih besar cenderung memiliki setidaknya tiga port USB, yang akan baik-baik saja bagi kebanyakan orang. Juga ingat bahwa banyak laptop modern tidak memiliki drive DVD bawaan.

Port USB 3.1 mulai muncul di laptop terbaru. Port USB 3.1 dapat menampung beban berperforma tinggi dan berkinerja tinggi seperti display dan hard disk eksternal, yang kemungkinan mahal tetapi sangat praktis.

Pertimbangkan juga jaringan: Meskipun semua laptop memiliki wireless, tidak semua memiliki colokan Ethernet. Dibeberapa kasus ini adalah masalah terutama saat bepergian, karena beberapa hotel menawarkan koneksi wireless yang buruk tetapi menyediakan jaringan Ethernet cepat di setiap kamar.

Output video juga penting: HDMI adalah output video paling umum pada laptop, yang akan berfungsi untuk terhubung ke sebagian besar TV dan monitor (jika bukan model 4K – sangat sedikit laptop memiliki konektor HDMI 2.0 yang diperlukan). Sekarang hanya beberapa yang memiliki output VGA, yang mungkin perlu disambungkan ke proyektor.

7. Performa

Mudah-mudahan sekarang Anda memiliki pandangan tentang bagaimana bagian luar laptop yang akan dibeli, jadi sekarang saatnya untuk memperhatikan tentang dalaman Laptop. Pertama adalah RAM. Jika ingin membeli laptop yang benar-benar murah, pilih setidaknya 4GB, jadi tidak perlu khawatir tentang berapa banyak tab browser yang akan dibuka sekaligus. Jika ingin mengedit video, idealnya membutuhkan setidaknya 8GB, meskipun jumlah RAM ini sekarang umum bahkan di laptop murah.

Pilihan prosesor lebih rumit. Anda harus memilih setidaknya prosesor Intel Core i3, yang akan dengan nyaman saat browsing web dan melakukan pekerjaan kantor, dan mempertimbangkan chip Core i5 untuk tugas-tugas yang lebih intensif seperti berurusan dengan gambar resolusi besar dan mengedit atau merender video. Laptop dengan chip Core i7 mahal tetapi super cepat, jadi patut dipertimbangkan jika menginginkan kinerja terbaik.

Tentu saja ada laptop yang didukung AMD di pasaran, tetapi ini masih jauh lebih jarang. Cari prosesor AMD A8 atau A10 untuk memastikan bahwa tidak mendapatkan laptop yang kekurangan daya.

8. Grafik

Sebagian besar laptop mengandalkan chipset grafis yang terintegrasi dengan prosesor, biasanya disebut seperti “Intel HD Graphics”. Ini dapat memainkan game 3D sederhana dengan resolusi rendah pada pengaturan detail rendah hingga menengah, tetapi jika ingin serius bermain game maka Anda akan memerlukan laptop dengan chipset grafis Nvidia atau AMD khusus. Sulit untuk menentukan seberapa cepat chipset grafis dari nomor model, jadi lebih baik mencari graphics benchmarks online untuk melihat bagaimana kinerja chipset.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kartu Smartfren tidak bisa Nelpon & SMS tapi bisa Internetan

9. Daya Tahan Baterai

Seiring dengan ukuran dan berat, ini harus menjadi prioritas jika ingin bepergian dengan laptop. Lagipula, tidak selalu mungkin mendapatkan listrik ditempat tujuan. Laptop kecil dan ringan umumnya menawarkan daya tahan baterai yang superior untuk model yang lebih besar, terutama karena dilengkapi dengan prosesor tegangan rendah yang kurang kuat dan layar yang lebih kecil.

Sekali lagi, baca ulasan untuk melihat berapa lama baterai laptop akan bertahan; biasanya sekitar lima hingga tujuh jam untuk laptop 15-inci untuk keperluan umum. Beberapa laptop berkinerja tinggi sangatlah boros listrik, mungkin hanya sekitar empat setengah jam penggunaan.

10. Penyimpanan

Terakhir, yaitu penyimpanan. Seperti halnya pada PC desktop, SSD akan membuat booting laptop lebih cepat dan terasa jauh lebih cepat dan lebih responsif, jadi patut dicoba jika mampu membelinya. Tidak seperti pada PC desktop, Anda tidak bisa hanya membeli SSD kecil untuk sistem operasi dan tetap menggunakan hard disk murah untuk file pribadi Anda.

Sebagian besar laptop memiliki ruang hanya untuk satu disk, jadi Anda perlu memastikan itu cukup besar. Beberapa laptop gaya netbook yang sangat murah seperti Acer Aspire One Cloudbook 14 memiliki penyimpanan 32GB, yang hampir tidak cukup untuk Windows 10 dan beberapa download update. Rekomendasi minimal 120GB SSD, dan itu hanya jika ingin menyimpan sebagian besar file di cloud.

Jika laptop hendak diperuntukkan untuk digunakan di rumah dan menyimpan foto dan musik, Anda harus memilih model dengan setidaknya penyimpanan 500GB. Beberapa memiliki drive “SSHD” hybrid, yang menggabungkan hard disk mekanis lambat (HDD) dengan cache SSD kecil. Drive ini menyimpan data yang sering digunakan, sehingga dapat mempercepat waktu booting dan membuat program yang ingin digunakan paling sering memuat lebih cepat. Itu pilihan yang bagus jika dompet Anda tidak dapat membeli SSD kapasitas besar.

Saat ini, laptop kelas atas memiliki SSD yang menggunakan standar PCI-Express (PCIe). Ini sering beberapa kali lebih cepat dari SSD biasa dan dapat membuat perbedaan besar untuk kinerja.

Kesimpulan Tips Memilih Laptop

Nah, itulah tips Memilih Laptop yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop, semoga bermanfaat.