Kamu Juga Pengguna Kacamata? Simak Cara Membersihkan Kacamata Yang Benar

Diposting pada

EKSYAM.COM – Jika kamu pernah merasa bahwa kacamata yang belum lama di beli tiba-tiba muncul goresan halus pada lensanya, atau framenya mendadak terkelupas dan berubah warna? Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya kotoran pada kacamata yang tidak dibersihkan secara sempurna. Atau barangkali cara membersihkan Lensa Kacamata Minus kamu kurang tepat sehingga menyebabkan kacamata menjadi cepat rusak.

Dalam merawat kacamata hal yang paling utama adalah membersihkan kacamata secara rutin setelah dipakai dengan kain khusus seperti microfiber atau juga dengan cairan khusus sebagai pembersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran berupa lemak dan keringat di lensa kacamata yang mampu merusak lapisan atau coating lensa dan juga bisa menyebabkan korosi di frame metal kacamata.

Idealnya, kacamata harus diganti setiap dua tahun sekali namun kebanyakan orang memilih mengantinya jika sudah rusak maupun tidak nyaman digunakan. Jika kamu merawatnya dengan benar, hal tersebut tentu tidak akan menjadi masalah. Sebaliknya jika kamu mempertahankan kacamata yang sudah tergores dan tak nyaman dikenakan lagi, maka akan mengalami resiko kerusakan mata yang lebih buruk bahkan alergi pada kulit.

cara membersihkan kacamata
membersihkan kacamata, image by clearly.ca

Agar bisa terus membantu melihat dengan baik, kacamata harus rutin dibersihkan. Namun, sudah benarkah cara kamu membersihkan lensanya? Cara membersihkan lensa kacamata yang tepat dapat mencegah risiko goresan pada lensa dan membuat kualitasnya tahan lama. Berikut tips membersihkan kacamata secara tepat agar membuat kualitasnya lebih tahan lama.


1. Jangan membersihkan kacamata dalam keadaan kering. Hal tersebut akan meninggalkan goresan pada lensa secara permanen.

2. Gunakan cairan khusus pembersih atau bisa juga dengan alkohol agar kotoran benar-benar bersih. Membersihkan kacamata pakai cairan khusus yang bisa kamu beli di optik adalah langkah yang paling tepat.

Baca Juga  Peran Penting Transportasi Modern Berteknologi Tinggi Dalam Memajukan Indonesia

Langkah membersihkannya sebagai berikut :

Bilas dulu lensa kacamata dengan air mengalir. Apabila tidak ada sumber air bersih, semprotkan cairan pembersih kacamata dengan jumlah yang lebih banyak. Tujuannya agar debu-debu yang menempel dapat terbilas.

Guncang-guncang ringan kacamata untuk mengeringkan air dan periksa kebersihan lensa.

Keringkan dengan kain katun atau dapat juga menggunakan kain mikrofiber yang banyak dijual di toko-toko kacamata.

Jangan lupa untuk membersihkan kain mikrofiber secara berkala agar debu yang menempel pada kain tidak menggores lensa kacamata.

Cairan pembersih kacamata tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Maka sebaiknya, sediakan beberapa cadangan untuk berbagai kesempatan. Misalnya untuk di rumah yang lebih besar sementara simpan juga dalam botol kecil yang bisa disimpan di tas ketika bepergian.

3. Cucilah kacamata dengan air dingin atau air yang mengalir dari keran. Jangan gunakan air panas dan sikat karena akan merusak lapisan pelindungnya.

Cara membersihkan lensa kacamata pakai air dan sabun bisa diandalkan ketika kamu lupa membawa cairan khusus pembersih kacamata atau sedang kehabisan.

Ini langkah-langkahnya:

Cuci tangan dulu sampai bersih pakai sabun untuk merontokkan debu dan partikel asing yang bisa ikut menggores lensa kacamata.

Bilas lensa kacamata di bawah air mengalir. Biarkan sebentar tanpa perlu digosok. Langkah ini bertujuan untuk membilas debu-debu halus yang ada di permukaan lensa.

Tuang 1 tetes sabun cuci piring pada lensa. Cukup 1 tetes kecil untuk setiap lensa.

Gosok secara perlahan kedua sisi lensa dan juga bagian hidung dan gagang kacamata.

Bilas kembali lensa kacamata dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal pada lensa.

Baca Juga  Selamat Datang di Eksyam Ngeblog



Guncangkan kacamata secara perlahan untuk mengurangi jumlah air yang ada kemudian arahkan lensa kacamata ke arah cahaya untuk memastikan kebersihan lensa. Apabila masih ada noda yang tersisa, ulangi langkah di atas.

Keringkan lensa kacamata hanya menggunakan kain katun bersih.

4. Simpan kacamata pada tempatnya saat tidak digunakan agar terhindar dari debu.

5. Bawa kacamata ke optik

Sesekali kita juga dapat juga membersihkan lensa kacamata di optik kacamata terdekat, terutama apabila kita tidak bisa membersihkan beberapa bagian kacamata,misalnya bagian penyangga hidung. Kacamata akan dibersihkan menggunakan alat pembersih ultrasonik sehingga seluruh bagian kacamata dapat terjangkau dengan baik.

Setelah dibersihkan, sebaiknya selalu taruh kacamata di tempat kacamata apabila sedang tidak digunakan. Selain dapat mencegah kerusakan pada kacamata, hal ini juga membantu untuk menjaga agar lensa tidak mudah tergores.

Apabila kamu tidak memiliki tempat kacamata, pastikan untuk selalu menaruh kacamata di tempat yang aman dan tidak menaruhnya dengan posisi lensa menghadap ke bawah.