Mencuci Baju Bayi Ada Caranya Sendiri

Diposting pada

EKSYAM.COMCara Mencuci Baju Bayi Ada Caranya Sendiri. Pakaian bayi tak bisa disamakan dengan pakaian untuk orang dewasa. Dari segi bahannya saja sudah berbeda, baju untuk bayi pasti dibuat dengan bahan yang lebih lembut. Bayi tak bisa menggunakan baju yang panas dan kasar karena berisiko menimbulkan masalah kesehatan.Hal itu tak terlepas dari faktor sensitivitas yang dimiliki oleh kulit bayi.

Perawatan baju bayi juga pasti berbeda dengan pakaian orang dewasa. Orang dewasa bisa tahan dengan zat kimia yang ada di pewangi dan pelembut pakaian, namun bayi tidak. Ayah dan Ibu bisa memakai deterjen jenis apapun, sedangkan si kecil membutuhkan deterjen untuk baju bayi. Mencuci baju bayi tak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


cara mencuci baju bayi
bayi, image by momjunction.com

Cara Mencuci Pakaian Bayi:

1. Jaga kebersihan tangan Anda sebelum bersentuhan dengan pakaian si bayi. Jangan sampai ada bakteri yang menempel dan berpindah ke kulit anak Anda.

2. Perhatikan suhu air cucian, usahakan berada di kisaran 30-40 derajat celcius untuk membunuh bakteri.

3. Rendam pakaian dengan air panas tersebut sekira 20-30 menit. Pastikan seluruh bagian terendam air secara merata.

4. Hindari penggunaan pewangi dan pelembut pakaian karena bisa meyebabkan kulit bayi alergi. Jangan gunakan deterjen sembarangan, pilih deterjen untuk baju bayi dan balita.

5. Setelah dicuci bersih, jemur pakaian di bawah terik matahari. Pastikan baju si kecil benar-benar kering agar tidak lembap dan bisa menimbulkan jamur.




Selalu ingat bahwa bayi Anda memiliki kebutuhan khusus terutama dalam hal kebersihan pakaian. Baju bayi tak bisa lepas dari noda, maka dari itu diperlukan deterjen khusus untuk baju bayi. Deterjen khusus bayi juga dibuat dengan bahan-bahan yang aman untuk kesehatan kulit. Maklum, bayi yang belum genap setahun masih memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan kimia.

Baca Juga  Selamat Datang di Eksyam Ngeblog

Jangan pula memakai pewangi dan pelembut pada pakaian anak Anda karena zat kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan penyakit di kulit bayi. Saat ini sudah banyak diciptakan deterjen khusus bayi yang sekaligus membuat pakaian menjadi wangi dan lembut. Sekarang tinggal bagaimana Anda sebagai orang tua bisa cermat dalam menentukan mana yang terbaik untuk sang buah hati.