Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas dan Aktif Sejak Dini

Diposting pada

EKSYAM.COMCara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas dan Aktif Sejak Dini. Dalam sebuah artikel Psychology Today yang berjudul “Three Common Mistakes in Parenting” yang ditulis oleh Thomas Lickona, Ph.D, menunjukan bahwa mendidik anak tak bisa luput dari keliru. Namun, terkadang kekeliruan ini tidak disadari para orang tua, bahkan ada yang menyangka kesalahannya.

Hal yang perlu diingat dalam mendidik anak adalah, orangtua juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Jangan terlalu egois untuk meyakinkan diri bahwa cara mendidik anak yang sudah dilakukan benar adanya.

Perkembangan dan pertumbuhan anak memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh orang tua. Perkembangan dan pertumbuhan anak tentu hanya terjadi satu kali dan tidak dapat diulang.


Jika saat anak kita sudah memasuki usia 3 tahun dan sudah memiliki beberapa perkembangan baru seperti sudah bisa menyebut namanya sendiri, bisa belajar menghitung, dan menggambar. Hal-hal tersebut merupakan tahap perkembangan yang umumnya terjadi pada anak usia 3 tahun ke atas, walaupun memang tiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas dan Aktif Sejak Dini
Anak-Anak Bermain

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas dan Aktif Sejak Dini

Memasuki usia 3 tahun, pola asuh dan mendidik anak pun harus disesuaikan dengan usianya agar si Kecil bisa cerdas, aktif, dan mandiri. Berikut beberapa cara mendidik anak usia 3 tahun yang tepat adalah dengan cara:

Mengajarkan Kedisiplinan

Displin merupakan salah satu pola yang harus diterapkan pada anak usia dini agar di kecil dapat lebih cerdasdan aktif terlebih di usia 3 tahun, anak sudah dapat membedakan benda yang ia miliki dengan benda milik orang lain.

Cara yang bisa diterapkan pada anak usia 3 tahun adalah dengan mulai mengajarkan anak untuk merapikan mainannya sendiri ketika selesai bermain, mulai mengajarkan anak untuk dapat makan sendiri menggunakan alat makan sederhana, dan memberikan jadwal tidur.

Baca Juga  Sehat dari Sekarang dengan Aplikasi Sehatq

Hal-hal di atas terlihat sederhana, namun mengajarkan kedisiplinan sejak dini dapat membuat anak berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran yang sudah diajarkan oleh orang tuanya.

Belajar Mengendalikan Emosinya

Cara mendidik anak usia 3 tahun selanjutnya dengan cara mengajarkan untuk belajar mengendalikan emosinya. Memasuki usia 3 tahun si Kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan dan terkadang juga akan mengeluarkan ledakan emosi yang lebih dikenal dengan nama tantrum. Mama tidak perlu khawatir karena tantrum adalah sebuah hal yang normal dalam tahap perkembangan si Kecil.



Tahapan emosi anak belum berkembang dengan baik, jadi si Kecil belum bisa membedakan mana cara yang benar untuk mengekspresikan perasaannya. Nah, jika si Kecil memiliki intensitas tantrum yang tinggi, ada beberapa cara yang Mama bisa lakukan seperti menghabiskan waktu bersama ketika si Kecil dalam keadaan tenang, berikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, berikan waktu dan perhatian yang cukup kepada anak serta beri pengertian bagaimana cara mengendalikan emosinya. Hal-hal di atas akan sangat membantu anak dalam mengendalikan emosinya.

Mengajarkan Berbagi dengan Orang Lain

Berbagi dengan orang lain merupakan cara selanjutnya dalam mendidik anak usia 3 tahun yang tidak kalah pentingnya. Pada usia 3 sampai 4 tahun si Kecil sudah memiliki empati dan mulai memikirkan perasaan orang di sekitarnya. Terlebih, si Kecil akan ikut bersedih jika temannya sedih.

Sebagai orang tua kita bisa mengajarkan anak untuk berbagi dengan temannya dengan cara sederhana seperti : berbagi biskuit dengan teman-temannya. Selain itu, Mama juga bisa mengajarkan anak untuk meminjamkan mainannya jika sudah selesai dipakai kepada temannya. Menanamkan kebiasaan berbagai sejak kecil akan membuat anak peduli dengan lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga  Cara Instal Python 3 di CentOS 7

Itulah 3 cara mendidik anak usia 3 tahun yang wajib kita ketahui sebagai orang tua. Selain mendidik si Kecil dengan baik, Mama juga harus penuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap seimbang agar si Kecil bisa sehat, aktif dan mandiri.