Mengenal Jenis Parfum Yang Tahan Lama Aromanya

Diposting pada

EKSYAM.COM – Banyak orang bertanya atau bahkan mencari jenis parfum yang tahan lama aromanya namun tidak sedikit orang juga tahu jika parfum atau pewangi badan memiliki beberapa jenis berbeda-beda sesuai dengan kandungan dan ketahanannya. Akan tetapi, jika diperhatikan, maka setiap kemasan parfum telah tertera tulisan jenis dari parfum tersebut.

Apakah kamu termasuk orang yang kurang pede jika tidak menggunakan parfum sebelum memulai aktivitas sehari-hari? Kalau Saya sih mungkin iya. Memakai parfum tertentu dapat memberikan sensasi harum yang meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Seperti dilansir dari laman Perfume, pewangi badan terbagi menjadi beberapa kategori seperti parfum, eau de parfum, eau de toilette, eau de cologne, dan eau fraiche. Yang menjadi pembeda adalah kadar perfume oilnya karena sangat memengaruhi aroma dan ketahanan wanginya. Semakin banyak kadar essential oil, maka parfum yang dipakai akan semakin tahan lama.


Jenis - Jenis Parfum Tahan Lama Aromanya
Jenis – Jenis Parfum

Tentunya pilihan kategori parfum ini tergantung selera dan kebutuhan bagi pemakainya. Untuk mengenal lebih dalam beberapa jenis pewangi badan, dilansir dari New York Times, berikut penjelasan dan perbedaan dari beberapa jenis pewangi badan: 1. Parfum Parfum merupakan pewangi badan yang memiliki tingkat aroma tertinggi, dengan kadar 15 dan 30 persen perfume oil. Jumlah kadar tersebut cukup membuat aroma kuat dan bertahan sepanjang hari.

1. Eau de Parfume

Mungkin banyak orang yang belum paham mengenai perbedaan parfum dengan eau de parfume. Kata eau sendiri berasal dari bahasa Prancis yang berarti berasal dari air. Berikut menjelaskan kandungan dalam eau de parfume yang berbeda dengan parfum. Eau de parfume memiliki kandungan minyak esensial lebih kecil dari parfum, yaitu sekitar 15 hingga 20%. Wangi eau de parfume akan bertahan sekitar empat jam pada tubuh. Jika dibandingkan dengan parfum, eau de parfum cenderung lebih ringan dan dapat digunakan sepanjang hari.

Baca Juga  Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas dan Aktif Sejak Dini

2. Parfum

Parfum adalah pewangi tubuh yang paling populer dan banyak diketahui oleh orang-orang. Minyak esensial adalah kandungan tertinggi yang terdapat dalam parfum, yaitu sekitar 20 hingga 30%.

Kandungan tersebutd yang dapat membuat parfum jadi lebih wangi dan lengket serta tahan lama sehingga bisa menempel pada tubuh dalam waktu yang cukup lama. Wangi parfum bisa tahan hingga enam jam pada tubuh dan lebih lama pada pakaian. Inilah alasan mengapa jenis wewangian ini memiliki harga yang paling mahal dibanding dengan yang lainnya.

3. Eau Fraiche

Eau Fraiche merupakan wewangian paling ringan dibandingkan dengan jenis pewangi yang lain. Eau Fraiche hanya mengandung minyak esensial 1% hingga 3%. Inilah mengapa wanginya tidak akan bertahan lebih dari satu jam.




Eau Fraiche dapat digunakan kapanpun sesuai dengan keinginan mengingat wanginya yang hanya bertahan sebentar saja. Dibandingkan dengan pewangi tubuh lainnya, pewangi tubuh jenis ini memiliki harga paling murah dibandingkan dengan yang lain, dan tentu bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan bau parfum.

4. Eau de Toilette

Eau de toilette pertama kali diproduksi pada abad ke-14 dan biasa disebut sebagai “heavenly water”. Eau de toilette memiliki kadar minyak esensial yang lebih kecil dibandingkan eau de parfume, yaitu sekitar 5 hingga 15%. Kandungan minyak esensial yang lebih kecil ini membuat eau de toilette hanya bertahan selama dua hingga tiga jam.

5. Eau de Cologne

Wewangian jenis ini memiliki kandungan minyak esensial yang cukup rendah, yaitu sekitar 2% hingga 4% yang sisanya dicampur dengan alkohol dan air. Eau de cologne banyak digunakan di Amerika Utara sebagai wewangian untuk pria. Eau de cologne adalah pewangi tubuh sangat ringan yang biasanya memiliki wangi segar atau wangi buah-buahan. Eau de cologne biasa digunakan oleh anak muda dan wanginya bisa bertahan hingga dua jam.

Baca Juga  Alasan Popmama.com Layak Menjadi Teman Mama Millenial¬†