Cara Mudah Melakukan Rapid Test Melalui Aplikasi Halodoc

Diposting pada

EKSYAM.COMCara Mudah Melakukan Rapid Test Melalui Aplikasi Halodoc. Seperti yang kita ketahui, saat ini jumlah orang yang positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) di Indonesia kian hari kian bertambah dan itu sungguh membuat kita khawatir. Guna mencegah penyebaran virus Corona lebih luas lagi, Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk melakukan rapid test, khususnya di beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki kasus COVID-19 yang tinggi.

Cara Mudah Melakukan Rapid Test Melalui Aplikasi Halodoc
Ilustrasi Coronavirus Disease 19

Barangkali masih ada yang belum tahu, apa itu rapid tes? Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun perlu Kita ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu. Hal inilah yang bisa menyebabkan keakuratan dari rapid test cukup rendah. Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.


Sebagai upaya membantu pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus COVID-19, Halodoc sebagai salah satu aplikasi kesehatan menyediakan layanan rapid test yang berlokasi di Jabodetabek yang bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit.

Pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Dengan begini, pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat.

Cara melakukan rapid test melalui Halodoc mudah kok. Berikut caranya:

  • Pertama, buka aplikasi Halodoc dan klik tombol “COVID-19 Test” kemudian kamu klik ini: Lokasi Rapid Test Drive.
  • Selanjutnya pilih tempat dan waktu untuk melakukan rapid test ini.
  • Kamu akan diminta untuk mengunggah foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur) dan melakukan pemesanan.
  • Jika sudah mengunggahnya, kamu akan melanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.
Baca Juga  Berbagai Rekomendasi Makanan Yang Sehat Untuk Masa Kehamilan

Setelah berhasil, maka kamu akan menerima kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan kelak.

Beberapa hal yang harus Dilakukan saat Melakukan Rapid Test?

Sebelum kita pergi ke lokasi untuk melakukan rapid test, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:



  • Pastikan datang tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi (hindari datang terlalu awal). Jika memungkinkan, mintalah orang terdekat untuk menemani kamu pergi ke lokasi tes.
  • Pastikan kamu selalu mengenakan masker selama perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi tes.
  • Sampai di lokasi tes, akan ada pemeriksaan KTP (Kartu Keluarga untuk yang di bawah umur) dan SMS konfirmasi di Pos 1 oleh petugas. Pastikan membawa smartphone yang kamu gunakan untuk melakukan booking. Tes hanya berlaku bagi 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP yang telah didaftarkan.
  • Prosedur pengambilan sampel darah dan penamaan test kit akan dilakukan di Pos 2.

Setelah melakukan serangkaian tes, kamu disarankan untuk segera meninggalkan area fasilitas tes. Kamu tak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone kamu satu hari setelahnya.

Selain mudah dan praktis, melakukan rapid test dengan Halodoc dijamin aman. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tunggu apalagi, download aplikasi Halodoc sekarang!