CodeIgniter HMVC, Penjelasan dan Contoh Penerapannya di Codeigniter 3.1.9

CodeIgniter HMVC

CodeIgniter HMVC, Penjelasan dan Contoh Penerapannya di Codeigniter 3.1.9. Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu CodeIgniter serta definisi HMVC.

Apa itu CodeIgniter

CodeIgniter adalah Framework Pengembangan Aplikasi – sebuah toolkit – untuk orang-orang yang membangun situs web menggunakan PHP. Tujuannya adalah untuk memungkinkan Anda mengembangkan proyek lebih cepat daripada yang Anda bisa jika Anda menulis kode dari awal, dengan menyediakan kumpulan library yang banyak untuk tugas-tugas yang biasa dibutuhkan, serta antarmuka yang sederhana dan struktur logis untuk mengakses library ini.

CodeIgniter memungkinkan Anda secara kreatif fokus pada proyek Anda dengan meminimalkan jumlah kode yang diperlukan untuk tugas yang diberikan.

Apa itu HMVC

HMVC merupakan singkatan Hierarchical Model View Controller. HMVC adalah versi pengembangan dari Design Patern MVC (Model-View-Control). Atau bisa kita bilang sebagai versi MVC yang diimplementasikan secara hirarkis. Hirarkis di sini maksudnya adalah hirarki folder (struktur folder) yang membuat aplikasi Anda modular. Ini memberi Anda kesempatan untuk memisahkan controller, model dan view ke dalam beberapa modul sehingga Anda dapat mempertahankan atau meningkatkan aplikasi dengan mudah.

Kuncinya adalah, satu modul memiliki satu MVC, atau bisa dikatan lebih gampangnya adalah, satu modul memiliki masing-masing file controller, file model, dan file view. Meskipun masing-masing file tersebut tidak selamanya diperlukan, ada kalanya cuma perlu file view dan controller saja.

Persyaratan / Kebutuhan Server

PHP versi 5.6 atau yang lebih baru direkomendasikan. Saya mencoba ini bekerja pada 5.6.3 dengan baik, saya sangat menyarankan Anda untuk tidak menjalankan versi lama PHP, karena potensi masalah keamanan dan kinerja, serta fitur yang tidak jalan.

Penerapan HMVC di CodeIgniter

Silahkan download source code di https://github.com/eksyam/codeigniter-3.1.9-hmvc  atau clone melalui terminal di linux atau git bash di windows dengan perintah git berikut.

Jika Anda sudah men-download sourcode diatas, silahkan simpan di folder DocumentRoot anda,

Baca Juga  Cara Instal Balsamiq Mockup di Linux Mint
/var/www  untuk linux atau htdocs  untuk windows. Lalu akses di browser anda http://localhost/codeigniter-3.1.9-hmvc/  maka akan tampil seperti berikut.

CodeIgniter HMVC, Penjelasan dan Contoh Penerapannya di Codeigniter 3.1.9
CodeIgniter HMVC Modul Welcome

Gambar diatas merupakan tampilan dari modul welcome yang kita setting Root URL-nya di application/config/routes.php

Adapun letak modul welcome  ada di application/modules

Next, jika kita ingin menambahkan modul maka di application/modules  inilah kita melakukannya. Contoh kita ingin menambahkan modul product  maka strukturnya akan seperti berikut ini.

Jika Anda sudah membuat modul product  dengan file controllers Product.php dan views product_view.php seperti struktur di atas. Selanjutnya edit file seperti berikut:

File  /application/modules/product/Product.php

File /application/modules/product/views/product_view.php

Jika sudah, silahkan akses

Baca Juga  Cara Mengetahui Komputer / System Operasi 32 Bit atau 64 Bit di Linux
http://localhost/codeigniter-3.1.9-hmvc/product  di browser, maka akan muncul seperti tampilan berikut ini.

codeigniter hmvc modul product
CodeIgniter HMVC Modul Product

Seperti itulah penerapan HMVC di CodeIgniter. Selanjutnya silahkan buat modul-modul lainnya sesuai dengan kebutuhan system Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.