Panduan Praktis Tipe Data JSON di MySQL Dengan Contoh

Dalam tutorial ini, Kita akan belajar bagaimana menggunakan tipe data JSON di MySQL untuk menyimpan dokumen JSON dalam database.

MySQL mendukung tipe data JSON asli sejak versi 5.7.8. Tipe data JSON asli memungkinkan Anda untuk menyimpan dokumen JSON lebih efisien daripada format teks JSON di versi sebelumnya.

MySQL menyimpan dokumen JSON dalam format internal yang memungkinkan akses baca cepat ke elemen dokumen. Format biner JSON disusun dengan cara yang memungkinkan server untuk mencari nilai dalam dokumen JSON secara langsung oleh kunci atau indeks array, yang sangat cepat.

Penyimpanan dokumen JSON kira-kira sama dengan penyimpanan LONGBLOB  atau LONGTEXT  data.

Untuk menentukan kolom yang tipe datanya JSON, Anda menggunakan sintaks berikut:

Perhatikan bahwa kolom JSON tidak dapat memiliki nilai default. Selain itu, kolom JSON tidak dapat diindeks secara langsung. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat indeks pada kolom yang dibuat yang berisi nilai yang diekstrak dari kolom JSON. Ketika Anda query data dari kolom JSON, optimizer MySQL akan mencari indeks yang kompatibel pada kolom virtual yang sesuai dengan ekspresi JSON.

Contoh tipe data JSON di MySQL

Misalkan, kita harus melacak pengunjung dan tindakan mereka di situs. Beberapa pengunjung hanya dapat melihat halaman dan lainnya dapat melihat halaman dan membeli produk. Untuk menyimpan informasi ini, kita akan membuat tabel baru bernama events .

Setiap peristiwa dalam tabel peristiwa memiliki id yang secara unik mengidentifikasi acara. Peristiwa juga memiliki nama misalnya, tampilan halaman, pembelian, dll. Kolom

Baca Juga  Cara Instal Extension Google Chrome
visitor  ini digunakan untuk menyimpan informasi pengunjung.

Kolom properties  dan browser  adalah kolom JSON. Mereka digunakan untuk menyimpan properti event dan spesifikasi browser yang digunakan pengunjung untuk menjelajahi situs web.

Mari masukkan beberapa data ke dalam events  tabel:

Untuk menarik nilai dari kolom JSON, Anda menggunakan operator jalur kolom ( ->).

Baca Juga  Cara Mengatasi Kartu Smartfren tidak bisa Nelpon & SMS tapi bisa Internetan

Kueri ini mengembalikan keluaran berikut:

Perhatikan bahwa data dalam kolom browser  dikelilingi oleh tanda kutip. Untuk menghapus tanda kutip, Anda menggunakan operator inline path ( ->>) sebagai berikut:

Seperti yang Anda lihat pada output berikut, tanda kutip telah dihapus:

Untuk mendapatkan penggunaan browser, Anda dapat menggunakan pernyataan berikut:

Output dari query adalah sebagai berikut:

Untuk menghitung total pendapatan oleh pengunjung, Anda menggunakan kueri berikut:

Berikut hasilnya:

Baca Juga  Cara Mengetahui Komputer / System Operasi 32 Bit atau 64 Bit di Linux

Dalam tutorial ini, Anda telah belajar tentang tipe data JSON di MySQL dan bagaimana menggunakannya untuk menyimpan dokumen JSON dalam database.