Cara Kredit Dengan Agunan BCA untuk Usaha

Diposting pada

EKSYAM.COMCara Kredit Dengan Agunan BCA untuk Usaha. Modal merupakan salah satu hal pokok yang biasanya harus kita miliki saat akan membuka usaha. Sayangnya, modal seringkali menjadi salah satu faktor yang membuat kita mengurungkan niat untuk memulai usaha. Kredit dengan agunan bisa jadi pilihan untuk memulai sebuah usaha.

Modal merupakan syarat utama yang harus dipersiapkan saat hendak memulai sebuah usaha. Tanpa modal yang cukup, laju usaha Kita mungkin akan mengalami kendala di kemudian hari. Salah satu hal yang paling banyak dilakukan adalah dengan pinjaman uang di bank sebagai modal. Memang tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, ada juga usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Cara Kredit Dengan Agunan BCA untuk Usaha
Ilustrasi Penghitungan Biaya Kredit

Namun di era globalisasi ini, banyak sekali usaha yang membutuhkan modal yang cukup besar. Sehingga hal tersebut tentu menjadi pertimbangan penting bagi para calon pebisnis yang ingin membuka usahanya. Karena ada banyak sekali alternatif yang bisa Kita lakukan untuk mendapatkan modal usaha tersebut. Salah satu alternatif yang bisa Kita lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman ke Bank.

Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha

Mengajukan pinjaman uang ke bank memang memiliki persyaratan yang cukup rumit, terkadang Kita sudah takut ditolak terlebih dahulu mengingat syaratnya yang kadang banyak dan terlihat rumit. Namun jika Kita bersungguh-sungguh ingin membuka usaha maka sebaiknya Kita ikuti alur atau cara pinjam uang di Bank berikut ini.

Hal pertama yang perlu Kita lakukan adalah dengan meyakinkan pihak Bank untuk memberikan pinjaman uang guna membuka usaha. Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabahnya pihak Bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal yang menyangkut data calon peminjam. Oleh sebab itu pastikan Kita bisa meyakinkan pihak bank mengenai alasan yang tepat dalam mengajukan pinjaman tersebut.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kartu Smartfren tidak bisa Nelpon & SMS tapi bisa Internetan

Langkah yang bisa Kita lakukan adalah dengan meyakinkan pihak bank dengan cara merinci dengan sejelas-jelasnya tujuan usaha yang akan kita geluti nantinya. Jelaskan secara terperinci pada pihak bank jika jenis usaha yang akan Kita jalankan adalah sebuah usaha yang memiliki prospek yang bagus di masa mendatang.


Tunjukan kesungguhan Kita dalam membuka usaha tersebut agar pihak bank mau memberikan persetujuan pengajuan pinjaman kepada Kita.

Persyaratan Kredit Dengan Agunan

Hal kedua yang perlu Kita lakukan untuk melakukan pinjaman uang di bank adalah dengan melengkapi berbagai macam persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank. Pihak Bank akan memeriksa kelengkapan persyaratan nasabahnya dengan teliti dan seksama. Apabila persyaratan tersebut terdapat kekurangan atau tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman tidak akan disetujui.

Penting untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pihak Bank tersebut. Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan tersebut biasanya berupa dokumen-dokumen pribadi nasabah seperti laporan keuangan, foto kopi KTP, kartu keluarga, slip gaji, dan dokumen lainnya.

Selanjutnya yang perlu kita persiapkan adalah jaminan jika memang dibutuhkan oleh pihak Bank. Pihak Bank biasanya akan meminta nasabahnya untuk menyerahkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki sebagai bentuk jaminan untuk mengajukan pinjaman. Oleh karena itu jika Kita hendak mengajukan pinjaman dengan jaminan, Kita perlu mempersiapkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki.

Barang jaminan tersebut biasaya digunakan untuk menutupi dana pinjaman yang dipinjamkan kepada nasabahnya jika pada periode pengembalian pinjaman tersebut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang terakhir yang perlu dipersiapkan adalah dengan membentuk image positif dalam diri Kita. Pastikan Kita termasuk orang yang layak diberikan pinjaman oleh pihak Bank.

Baca Juga  Cara Login VPS Windows dari Linux Mint

Cara Mengajukan Pinjaman melalui Bank BCA untuk Usaha :

1. Tentukan jenis pinjaman sesuai kebutuhan

Menentukan jenis kebutuhan merupakan hal utama yang harus kita putuskan sebelum mengajukan pinjaman, misalnya saja untuk modal usaha. Maka kita dapat menetukan jenis kredit yang akan diajukan yakni kredit produktif.

Jika kebutuhan merupakan kebutuhan konsumtif seperti biaya pendidikan,renovasi rumah,membeli properti atau mobil/motor maka bisa memilih fasilitas kredit konsumer.

2. Datang Ke Kantor Cabang BCA Terdekat

Jika sudah mementukan jenis pinjaman yang akan diajukan maka selanjutnya kita bisa mendatangi kanotr cabang bank terdekat dan mengali informasi sebanyak-banyaknya terkait produk kredit yang akan kita ambil. Dari sini kita harus mencari tahufitur serta penjelasan produk kredit tersebut mulai dari ketentuan, sayarat, suku bunga, biaya, hingga resikonya.

3. Mengisi Formulir Pengajuan Kredit dan Melengkapi Persyaratan

Aplikasi kredit wajib diisi oleh calon debitur. Dalam formulir tersebut biasanya memuat beberapa data seperti identitas diri,pekerjaaan ,penghasilan, identitas bank, identitas usaha yang nantinya akan dijalani.

Sebisa mungkin isilah data tersebut dengan teliti agar proses persetujuan berjalan cepat. Pastikan data yang kita masukkan benar-benar sesuai dengan fakta. Persyaratan dokumen juga menjadi hal penting yang tidak boleh kita lewatkan. Pasttikan dokumen tersebut masih berlaku dan sah misalnya slip gaji,ijin usaha, atau e-ktp.



4. Proses Verifikasi dan Persetujuan Kredit

Pihak bank membutuhkan beberapa hari untuk melakukan verifikasi aplikasi kredit yang diajukan oleh debitur. Pada periode ini kita cukup menunggu hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

Jika batas waktu lama dan telah lewat masanya, bisa jadi kredit kita ditolak. Untuk lebih jelasnya bisa kita tanyakan langsung kepada pihak yang bersangkitan.

Baca Juga  Mengenal Jenis Parfum Yang Tahan Lama Aromanya

5. Akad Kredit dan Pencairan Dana

Jika permohonan kita disetujui oleh bank BCA, maka tahap berikutnya kita akan diminta untuk menandatangani akad kredit sebagaimana ketentuan yang berlaku. Dengan terbitnya akad kredit tersebut selanjutnya pencairan dana bisa kita lakukan sesuai ketentuan misalnya melalui rekening tabungan milikk debitur, maupun secara tunai.

Demikianlah cara kredit dengan agunan, selain kredit dengan agunan tentu Anda juga bisa melakukan kredit tanpa agunan. Apa itu kredit tanpa agunan?

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman berupa kredit perorangan tanpa agunan dari bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Produk ini memungkinkan nasabah untuk mendapatkan pinjaman dana tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah atau lainnya. Karena itu, produk ini sering disebut juga sebagai pinjaman tanpa agunan atau pinjaman tanpa jaminan.