Berbagai Rekomendasi Makanan Yang Sehat Untuk Masa Kehamilan

Diposting pada

EKSYAM.COMBerbagai Rekomendasi Makanan Masa Kehamilan Yang Sehat. Kehamilan merupakan proses yang paling ditunggu setiap wanita yang sudah menikah. Tidak heran jika setelah menikah belum juga dikaruniai anak, pastinya membuat seorang wanita merasa khawatir. Maka jika anda sudah dikaruniai kehamilan ketika baru saja menikah. Anda harus menjaganya denan baik. Menjaga kehamilan bisa dengan berhati-hati ketika berjalan. Kemudian selalu memeriksakan diri ke dokter. Anda juga harus tahu HPL anda atau kapan anda melahirkan. Cara mengetahuinya adalah dengan mengitung masa kehamilan anda. Menghitung masa kehamilan kini bisa anda lakukan dengan kalkulator kehamilan. Jadi anda tidak perlu bingung lagi. Menjaga kehamilan juga harus anda lakukan dengan memakan makanan yang sehat.

Rekomendasi Makanan Masa Kehamilan
Ibu hamil, image by unsplash.com

Berikut rekomendasi makanan sehat yang wajib anda makan saat masa kehamilan:

1. Makan Ikan

Makanan yang pertama ini wajib anda konsumsi ketika masa kehamilan. Namun sebaiknya anda melakan makan ikan yang tidak berasal dari laut yang biasanya mengandung merkuri. Sehingga anda harus perhatikan juga ikan yang akan anda makan. Kemudian anda sebaiknya memakan makanan yang matang. Jika anda makan ikan mentah seperti shushi maka bisa membahayakan janin anda. nah, apa keuntungan dari memakan ikan? Keuntungannya adalah anda bisa membuat perkembangan otak janin semakin cerdas.

2. Makan Sayuran Dan Buah-Buahan

Makanan kedua yang wajib anda makan ketika sedang hamil adalah sayur dan buah. Anda bisa makan sayur dan buah sebelum memakan besar. Anda juga bisa memakan buah dan sayur ketika di waktu selingan. Sayuran hijau sangat bagus untuk zat besi. Kebutuhan zat besi ibu hamil harus terpenuhi dengan baik agar tidak kekurangan darah. Jika sudah kekurangan darah maka akan dikhawatirkan bayi dan ibu terkena infeksi virus. Memakan buah juga penting untuk pembentukan bayi anda. kekurangan vitamin C bukan tidak mungkin menghambat pembentukan tulang pada janin. Anda pun membutuhkan vitamin C untuk membuat tulang anda tetap sehat semasa kehamilan.

Baca Juga  Tips Memilih Laptop, Perhatikan 10 Hal ini Sebelum Membeli Laptop

3. Makan Karbohidrat

Ibu hamil sebaiknya jangan pernah melakukan diet meskipun badan semakin naik. Jika anda melakukan diet, maka bukan tidak mungkin akan membahayakan anda dan janin anda. anda bisa membuat bayi anda lahir premature karena konsumsi makanan yang berkurang. Anda juga jangan sampai berhenti makan karbohidrat. Karbohidrat sangat penting untuk anda agar tetap kuat semasa kehamilan. Anda juga sebaiknya tidak makan karbohidrat yang tidak baik seperti junk food. Anda bisa mengganti makan nasi putih dengan mamakan nasi merah. Selain nasi merah, anda bisa menggantinya dengan kentang.



4. Makan Daging Merah

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh mengonsumsi daging merah? Ibu hamil wajib mengonsunsi daging merah agar kandungan zat besi, protein dan juga lainnya bisa membuat pertumbuhan janin berkembang dengan baik. Daging merah juga bisa membuat otot pada bayi semakin kuat. Bagi ibu hamil sendiri daging hamil bisa menguatkan ibu hamil. Terhindar dari anemia karena mengonsumsi daging merah juga sangat berpengaruh. Tetapi yang harus anda ingat adalah daging merahnya harus dimasak 100% matang. Jika belum matang maka bakteri pada daging bisa sangat membahayakn janin anda.

Manfaat memakan makanan sehat selama masa kehamilan juga akan berpengaruh pada lahirnya janin. Jika anda teratur memakan makanan yang sehat, HPL anda juga tidak akan terlalu cepat atau juga terlalu lama. Maka pastikan juga menghitung masa kehamilan di kalkulator kehamilan dengan benar. Anda juga sebaiknya konsultasikan ke dokter.