Tips & Cara Merawat Laptop Supaya Tetap Bersih & Awet

Diposting pada

EKSYAM.COMTips Cara Merawat Laptop Supaya Tetap Bersih & Awet Terkadang orang berfikiran jika laptop baru tidak membutuhkan perawatan seperti laptop yang sudah lama. Semakin awal kamu merawat laptop dari sejak baru dibeli, laptop dapat menemanimu dalam waktu jangka lama dengan kondisi prima. Oleh karena itu, ini dia cara yang bisa kamu lakukan agar supaya laptop tetap bersih & awet.

Tips Cara Merawat Laptop Supaya Tetap Bersih & Awet
Laptop, Image by unsplash.com

Tips Cara Merawat Laptop Supaya Tetap Bersih & Awet

Selalu Shutdown Laptop

Berbeda dengan desktop PC, laptop harus dimatikan ketika tidak kita gunakan. Mematikannya saat tidak digunakan akan mencegah laptop cepat panas, sekaligus memberikan waktu istirahat bagi laptop.


Rutin Membersihkan Laptop

Minimal tiga minggu sekali bersihkan laptop, memeriksa dan membersihkan komponen keras yang ada pada laptop. Seperti yang kita tahu, debu merupakan salah satu biang masalah bagi laptop. Jika tidak dibersihkan, debu yang menumpuk di sela-sela ventilasi, mainboard, maupun kipas laptop dapat menyebabkan laptop cepat panas (overheating).

Perhatikan Cara Mengemasnya

Hindari membawa laptop dalam keadaan standby, karena dapat merusak hard disk. Selain itu, saat dimasukkan ke dalam tas, jangan menutup restleting secara penuh karena mengakibatkan tidak minimnya sirkulasi udara.

Update BIOS

Seperti halnya program aplikasi dan driver hardware, BIOS pada laptop juga sebaiknya perlu diperbaharui agar memastikan kita telah memiliki versi yang terbaru. Biasanya, update dari BIOS akan meningkatkan performanya sehingga kompatibilitas antara hardware dan software tetap terjaga.

Untuk melakukannya, cukup kita terlalu sibuk bisa dengan kunjungi website pabrikan laptop untuk mendapatkan pembaharuan BIOS. Tapi jika takut gagal, kamu bisa mendatangi teknisi komputer untuk melakukannya.

Baca Juga  Selamat Datang di Eksyam Ngeblog

Lindungi dengan Software Antivirus

Saat ini di era serangan cyber yang termasuk ancaman malware, spyware, atau ransomware, kita harus selalu waspada, salah satunya dengan memiliki perangkat lunak keamanan yang kuat dan dipasang di sistem. Memasang software antivirus dibutuhkan karena memiliki fitur keamanan tambahan secara real time.

Bijak Mengunduh Software atau Aplikasi

Yang perlu diperhatikan juga, yaitu jangan sembarangan mengunduh software atau aplikasi bila berasal dari situs-situs yang tidak jelas karena bisa jadi hal tersebut adalah virus. Meskipun gratis, software tertentu terkadang disusupi virus. Bila virus masuk ke laptop, maka bisa merusak sistem yang bekerja dalam perangkat laptop.

Rutin perbaharui Sistem Operasi atau Aplikasi



Pentingnya memperbarui sistem operasi atau aplikasi karena terkadang, masih banyak pengguna laptop enggan update aplikasi atau software karena merasa buang-buang kuota dan membuat penyimpanan semakin penuh. Padahal rutin melakukan update merupakan salah satu bentuk maintenance bagi laptop.

Tujuannya, agar dapat memperbaiki bug atau celah yang terdapat pada , sehingga mengoptimalkan kinerja laptop. Update secara berkala juga memungkinkan kamu menikmati fitur-fitur baru yang ditawarkan developer dan memperkecil kerusakan pada sistem operasi.

Cabut Peripheral atau Aksesoris Laptop Selesai digunakan

Setiap kali laptop tidak digunakan, bahkan untuk waktu singkat, lebih baik cabut juga aksesori yang terpasang ke laptop misalnya : kabel speaker, atau charger. Seperti tidak mencabut baterai laptop dari stop kontak meskipun baterai telah penuh. Selain itu, sangat penting untuk mencabut peripheral apapun sebelum memasukkan laptop ke dalam tas, sehingga laptop maupun peripheral menjadi tidak cepat rusak.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat. Jadi, jangan malas dan meremehkan kondisi laptop yang masih baru ya. Meskipun terlihat sedikit ribet, namun beberapa cara tersebut jika diterapkan akan membantumu menekan pengeluaran servis dan bahkan membeli perangkat baru.

Baca Juga  Aplikasi Kasir Toko PC Gratis Full Version