Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung untuk Pakaian

Diposting pada

EKSYAM.COMCara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung untuk Pakaian. Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, membuat segala sesuatunya yang dulu manual sekarang menjadi pekerjaan mesin. salah satu contohnya adalah dalam hal mencuci pakaian. Saat ini sudah banyak masyarakat yang sudah beralih menggunakan mesin cuci daripada mencuci manual. Berikut uraian tentang cara menggunakan mesin cuci 2 Tabung untuk Pakaian.

Mesin cuci adalah salah satu penemuan di dunia yang sangat membantu manusia. Dengan adanya mesin cuci, tentu dapat memudahkan kita dalam mencuci pakaia. Kecanggihan ini benar-benar menjadi keuntungan yang sangat besar bagi kita yang memiliki kesibukan tinggi.

Berdasarkan jumlah tabung, mesin cuci dibagi atas menjadi 2 jenis yaitu mesin cuci 1 tabung (single tub) dan mesin cuci 2 tabung (twin tub). Pada mesin cuci single tub, 1 tabung tersebut digunakan sebagai tempat mencuci sekaligus mengeringkan pakaian. Sedangkan, mesin cuci twin tub mengunakan 1 tabung untuk mencuci dan tabung lainnya untuk mengeringkan pakaian.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung untuk Pakaian
Mesin Cuci 2 Tabung

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

Seperti namanya, mesin cuci 2 tabung merupakan sebuah mesin cuci yang memiliki 2 buah tempat yang di gunakan untuk mencuci dan mengeringkan. Kedua fungsi tersebut berada di dalam tabung yang berbeda. Kelebihan menggunakan mesin cuci jenis ini adalah harganya relatif lebih murah dan memiliki penggunaan daya listrik yang lebih rendah pula.

Namun mesin cuci 2 tabung juga memiliki kekurangan, untuk kekurangan dari mesin cuci 2 tabung sendiri yang pasti kurang praktis. Pengguna perlu memindahkan secara manual pakaian yang ada di tabung pencuci ke tabung pengering. Selain itu, menggunakan mesin cuci dua tabung juga membutuhkan lebih banyak volume air dan memiliki tingkat kekeringan hanya 70%.

Tentu hal tersebut sangat berbeda dengan penggunaan mesin cuci satu tabung. Pada mesin cuci satu tabung, memiliki cara penggunaan yang lebih praktis karena mesinnya bekerja secara otomatis. Otomatis yang di maksud adalah pengguna tidak perlu melakukan bilasan dan pengeringan secara manual serta tidak perlu memindahkan pakaian ke tabung lainnya. Kelebihan lain mesin cuci 2 tabung, antara lain :

Baca Juga  Dibanderol Dengan Harga 6,8 Jutaan, Huawei Nova 5T Dilengkapi 5 Kamera

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

  • Lebih meminimalisir penggunaan listrik. Mesin cuci 2 tabung tidak boros listrik
  • Harga lebih terjangkau dibanding mesin cuci 1 tabung
  • Tidak mudah rusak karena menggunakan 2 tabung. Penggunaan tabung untuk mencuci dan mengeringkan yang terpisah menyebabkan mesin cuci 2 tabung ini menjadi lebih awet.

Setelah membahas kelebihan mesin cuci 2 tabung, berikut cara menggunakan mesin cuci 2 tabung untuk pakaian :

  • Pertama, isilah air secukupnya ke dalam tabung pencucian. Karena, tabung pencucian memiliki ukuran lebih besar daripada tabung pengeringan. Maka pengisian air dapat dilakukan dengan menggunakan gayung secara manual maupun kran/selang secara langsung.


  • Kedua, masukkan pakaian ke dalam tabung pencucian. Lalu, tambahkan deterjen secukupnya. Jangan berlebihan dalam menggunakan deterjen karena dikhawatirkan akan meninggalkan residu yang membuat pakaian nampak kusam. Cukup sedang-sedang saja.
  • Selanjutnya, tentukan pengaturan mesin cuci. Misalnya jika kamu ingin mencuci pakaianmu selama 10 menit, maka atur timer nya berdurasi selama 10 menit. Lalu, jika pakaian yang kamu cuci berbahan halus seperti katun dan sutra, maka pilih mode halus. Jika pakaian kamu berbahan jeans, maka pilih mode kasar. Jika kamu mencuci jaket parasut, simak cara mencuci jaket parasut dengan mesin cuci. Pemilihan mode ini akan berpengaruh pada kekuatan berputar dari mesin cuci.
  • Setelah selesai kamu cuci, lalu jangan lupa untuk buang air dari tabung tersebut. Gunakan pengaturan pada mesin cuci yang bermakna keluarkan air.
  • Lalu, isi kembali air ke dalam tabung pencucian. Pengisian air bertujuan untuk membilas pakaian tersebut.
  • Selesai dibilas, langkah selanjutnya pindahkan pakaian yang sudah kamu cuci ke dalam tabung pengeringan untuk dikeringkan. Tutup tabung kemudian pilih waktu pengeringan. Jika dirasa perlu 5 menit mengeringkannya, maka atur pengaturan 5 menit pengeringan.
  • Selesai dikeringkan, jemur di tempat yang terkena sinar matahari.

Demikian cara menggunakan mesin cuci 2 tabung untuk pakaian. Selamat mencoba dirumah ya. Semoga bermanfaat!



Baca Juga  Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas dan Aktif Sejak Dini